TOKOH GEOMETRI ORIGAMI

Kalian mungkin tidak menyangka jika Origami dipelajari sebagai salah satu pembahasan dalam geometri. Origami merupakan konstruksi pada geometri yang mempunyai banyak variasi. Secara umum, seluruh variasi tersebut diawali dengan selembar kertas persegi yang tanpa tanda, hanya melipat yang diperbolehkan dan tidak boleh memotong
Nah, berikut beberapa tokoh geometri origami yang perlu kalian ketahui.
 1.      Humiaki Huzita
Humiaki Huzita (1924 – 26 March 2005) adalah seorang matematikawan keturunan Jepang-Italia lahir di Jepang dan berimigrasi ke Italia untuk mempelajari tentang fisika inti di Universityof Padua. Ia terkenal dalam merumuskan enam aksioma Huzita-Hatori pertama, yang menggambarkan matematika melipat kertas untuk memecahkan masalah konstruksi geometris.

Hukum Jepang tidak mengakui dua kebangsaan. Dengan berkewarganegaraan Italianya maka beliau tidak dapat kembali untuk hidup menetap di Jepang dan harus puas dengan kunjungan singkatnya jika ke Jepang.

Humi menemukan kembali aksioma paperfolding, karena orang pertama yang menemukan aksioma adalah Jacque Justin pada tahun 1989. Bagaimanapun, Humi adalah salah satu tokoh yang terkenal karena setelah menemukan aksioma 1 sampai 6, dia menyeminarkan ke the First International Conference on Origami in Education and Therapy pada 1991. Pada Maret 2005, Humi meninggal dunia akibat kecelakaan mobil.

2. Robert J. Lang (Lahir, 4 Mei 1961)

Robert Lang adalah seorang fisikawan berkebangsaan Amerika. Dr. Robert J. Lang lahir pada tanggal 4 Mei 1961 di Dayton, Ohio. Selain fisikawan, Lang merupakan salah satu seniman origami yang terkenal karena desain yang rumit dan elegan terutama pada serangga dan hewan. Menggunakan komputer, Lang mempelajari teori-teori di balik origami. Karyanya telah disajikan dalam pameran di New York (Museum of Modern Art), Paris (Carrousel du Louvre), Salem (Peabody Essex Museum), San Diego (Mingei Museum of World Folk Art), dan Kaga, Jepang (Nippon Museum Of Origami). Pada tahun 2001, Koshiro Hatori menemukan aksioma ketujuh. Aksioma ini menjawab pertanyaan tentang berapa banyak cara yang ada untuk membuat lipatan lurus antara titik dan garis. Robert Lang meneliti ini, dan membuktikanke-7 aksioma origami tersebut.

Lang menyelesaikan pendidikan sarjananya di California Institute of Technology dalam bidang teknik elektro. Selama studi tersebut, Lang bertemu dengan Diane yang selanjutnya menjadi istrinya. Selanjutnya, Lang memperoleh gelar master dalam bidang yang sama di Stanford pada tahun 1983, dan kembali ke Caltech untuk mengejar gelar Ph.D. dalam bidang ilmu terapan fisika dengan disertasi yang berjudul “Semiconductor Lasers: New Geometries and Spectral Properties”.

Karir dunia kerja Lang dimulai ketika bekerja di NASA’s Jet Propulsion Laboratory pada tahun 1988. Selain itu, Lang juga bekerja sebagai ilmuwan riset untuk Spectra Diode Labs of San Jose, California dan JDS Uniphase, San Jose. Lebih dari 80 publikasi telah ditulis Lang baik sebagai penulis utama maupun bukan dalam bidang laser semikonduktor, optik, dan optoelektronik yang terintegrasi dan memegang 46 hak paten dalam bidang ini.

Pada tahun 1922, Lang menjadi orang barat pertama yang diundang pada pertemuan tahunan Nippon Origami Association, dan sejak saat itu Lang menjadi tamu pada pertemuan-pertemuan origami internasional. Selanjutnya, pada tahun 2001, Lang memutuskan untuk meninggalkan bidang teknik untuk menekuni bidang seni khususnya sebagai seniman dan konsultan.

Selanjutnya, Lang diakui sebagai salah satu ahli teori matematika origami yang telah berhasil mengembangkan berbagai teori, diantaranya merancang pola lipat untuk sebuah produsen airbag Jerman. Lang juga pernah bekerja dengan Lawrence Livermore National Laboratory di Livermore, California, di mana tim sedang mengembangkan sebuah teleskop ruang angkasa yang kuat, dengan lensa 100 m (328 ft) dalam bentuk membran tipis. Dia juga mengembangkan Lang's TreeMaker, yang merupakan program komputer yang mendukung desain/bentuk-bentuk origami berdasarkan algoritmanya.TreeMaker adalah sebuah program untuk desain dasar-dasar origami.

Lang merupakan anggota Optical Society of America, pernah menjadi anggota dan wakil presiden IEEE Photonics Society, dan selama 2007-2010 Lang menjadi kepala editor pada Journal IEEE Quantum Electronics. Pada tahun 2009 Lang menerima perhargaan tertinggi di Caltech yaitu the Distinguished Alumni Award. Saat ini Lang bersama keluarga tinggal di Alamo, California.Sebagai contoh, the algorithm of scorpiondengan menggunakan Lang’s Treemaker.

3. Akira Yoshizawa
Akira Yoshizawa lahir di Jepang pada 14 Maret. Dia adalah seorang tokoh origami. Dia mengembangkan origami menjadi sebuah kesenian hidup. Selama masa hidupnya, dia menciptakan banyak jenis dari bentuk-bentuk origami dan setidaknya terdapat 50.000 origami yang berhasil dia ciptakan. Namun, hanya beberapa yang dituliskan dalam buku.

Pada Tahun 1954, karya pertamanya, Atarashii Origami Geijutsu (seni origami baru) dipublikasikan, di dalamnya dijelaskan tentang sistem Yoshizawa-Randlett untuk notasi melipat origami (sebuah system yang terdiri dari symbol, busur, dan diagram) yang dipakai sebagai pedoman untuk melipat kertas. Pada 14 Maret 2005, Dia meninggal karena pneumonia. Atas seluruh karyanya beliau dikenal dengan sebutan“The Father of Origami”.
LihatTutupKomentar