Membuat Video Menggunakan Power Point

Saat dunia sedang marak membahas tentang era industri 4.0, secara tidak terduga kita dihadapkan pada realitas pembelajaran yang harus dilaksanakan melalui metode daring atau pembelajaran jarak jauh. Pembelajaran jarak jauh dapat dilakukan melalui berbagai platform atau aplikasi yang mendukung sesuai dengan keinginan kita. Tentu kita sudah tidak asing dengan media power point. Namun demikian ternyata banyak dari kita yang tidak mengetahui bahwa power point memiliki fungsi selain untuk media presentasi yaitu bisa untuk membuat video. Penasaran kan bagaimana proses perekaman atau pembuatan video menggunakan power point? Mari simak penjelasan langkah-langkahnya.
  1. Siapkan materi presentasi dalam bentuk power point lengkap dengan animasi yang diinginkan
  2. Buka file PPT tersebut kemudian kita akan mulai perekaman. Pada bagian menu bar pilihlah slide show, selanjutnya klik record slide show sehingga muncul jendela seperti berikut. 

  3. Ada dua pilihan yaitu start recording from begining dan  start recording from current slide. Nah masing-masing memiliki fungsi yang berbeda.
  4. Jika kita ingin merekam semua slide dari awal hingga akhir secara langsung maka pilihlah start recording from begining

  5. Namun jika kita hanya ingin merekam slide per bagian maka kita pilih start recording from current slide.

  6. Setelah kita memilih mana yang akan kita gunakan, selanjutnya akan muncul kotak dialog seperti berikut. Jika kita ingin merekam narasi kita maka pastikan untuk mencentang dua bagian tersebut yaitu slide and animation timings dan narrations, ink, and laser pointer. 

  7. Setelah kita mengeklik start recording maka akan muncul kotak dialog seperti berikut yang menandakan bahwa proses perekman sudah bisa mulai dilakukan. Slide otomatis akan dijalankan dan kita bisa memberikan narasi atau penjelalas dari materi yang kita presentasikan. 

  8. Hal yang harus diperhatikan yaitu pada saat merekam suara, jika yang kita pilih adalah start from begining maka pastikan pada saat pergantian slide kita benar-benar sudah berhenti bersuara sampai muncul slide yang baru. Hal ini karena suara tidak akan terekam atau terputus jika kita masih berbicara saat pergantian slide.
  9. Setelah selesai merekam semua narasi, kita bisa mengakhiri dengan mengeklik tanda silang pada bagian recording sehingga akan muncul lambang speaker pada tiap slide yang kita punya seperti contoh gambar berikut.

  10. Jika kita klik gambar tersebut atau kita play maka akan terdengar suara yang telah kita rekam untuk masing-masing slide. Ini menandakan bahwa proses perekaman sudah berhasil kita lakukan.
  11. Untuk melakukan edit atau perbaikan pada slide tertentu, kita tidak harus mengulangi dari awal tapi kita cukup menggunakan pilihan rekaman start from current slide.
  12. Setelah kita pastikan sudah tidak ada lagi kesalahan perekaman, maka kita tinggal menyimpan presentasi dan rekaman kita menjadi bentuk video dengan memilih menu file kemudian pilih export lalu klik create video.

  13. Beri nama dan tentukan destinasi tempat penyimpanan video kita. Untuk beberapa laptop, ada yang proses penyimpanan videonya memakan waktu cukup lama. Tapi tak masalah, tunggu saja dengan sabar.
Demikianlah proses pembuatan video mengggunakan power point. Cukup praktis dan sederhana kan? Jika menginginkan hasil suara yang jelas, gunakanlah headset atau sejenisnya dan tentunya lakukan di tempat yang jauh dari kebisingan.
Selamat mencoba.
LihatTutupKomentar